Ayat Al-Qur’an Tentang Sabar Dan Ganjaran Berbuat Sabar


Ayat Alquran tentang sabar merupakan ayat-ayat yang menjelaskan tentang sikap sabar dan ganjaran bagi mereka yang memiliki sabar dalam menghadapi cobaan.

Sabar merupakan salah satu akhlak terpuji yang harus dimiliki oleh setiap manusia, tidak hanya sebagai umat Muslim saja. Bersikap sabar bukan berarti bersikap kalah dan pasrah dengan keadaan, namun sabar merupakan sikap menahan diri sembari tetap berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Sebagai umat Islam kita percaya bahwa Al Quran diturunkan oleh Allah SWT untuk menjadi pedoman hidup. Di dalam al Qur’an tidak hanya berisi mengenai ibadah kepada Allah SWT saja, namun juga berisikan mengenai akhlak dan bagaimana kita berprilaku sebagai seorang Muslim.
Bahkan terdapat juga ayat Al-Qur’an tentang sabar yang harus kita pedomani.

Berbicara mengenai sabar, terkadang kita kerap menyamakannya dengan pasrah. Sabar berbeda dengan pasrah, dimana sikap sabar masih diikuti dengan usaha untuk berubah menjadi lebih baik dan tawakal kepada Allah SWT. Berbeda dengan pasrah yang menerima nasibnya begitu saja tanpa ada keinginan untuk berubah menjadi lebih baik. Bersikap sabar juga bukan berarti kalah, namun bersikap sabar ibaratnya seperti mundur satu langkah namun akan maju untuk sepuluh langkah. Dengan bersikap demikian, kita selalu bisa berpikir positif terhadap apapun keadaan yang tengah menimpa kehidupan kita.

Karena hidup di dunia tidak lepas dari masalah, untuk itulah diperlukan sikap sabar untuk berhenti sejenak dan kemudian bangkit kembali untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Bukankah sebagai umat Muslim yang taat kita selalu diajarkan untuk bersikap sabar terhadap keadaan apapun yang menimpa kita. Ujian yang kita terima hari ini dari Allah SWT bukan berarti Allah SWT tidak sayang terhadap kita, namun ujian yang diberikan Allah SWT adalah bentuk kasih sayang kepada hambaNya agar mereka bisa menjadi umat yang lebih baik dan dekat padaNya.

Bahkan di dalam al Qur’an pun, ada banyak sekali ayat Alquran tentang sabar. Jika kita mau mencermati serta menelaah dari ayat suci al Qur’an akan ada banyak pelajaran yang bisa kita petik dari ayat-ayat Allah SWT. Berikut akan kami berikan beberapa ayat yang berkaitan dengan sikap sabar yang mencerminkan seorang Muslim yang sejati, diantaranya adalah:

1. Surat Ali Imran ayat 200

Dalam ayat ini Allah SWT memerintahkan kepada umat yang beriman untuk senantiasa bersabar dan menguatkan kesabaran. Allah SWT juga memerintahkan kepada umatNya untuk selalu senantiasa berada dalam keadaan siaga serta tak lupa untuk selalu bertaqwa kepada Allah SWT. Dengan bersikap sabar dan bersikap taqwa kepada Allah SWT, maka kita akan dikaruniai keberuntungan.

2. Surat Al Baqarah ayat 155

Dalam surat ini Allah SWT memerintahkan kepada umatNya untuk selalu bersikap sabar. Mengapa demikian? Karena Allah SWT akan memberikan umatNya ujian atau cobaan berupa ketakutan, kekurangan harta, kelaparan serta cobaan lainnya. Nah, dalam surat tersebut dijelaskan bahwa kabar gembira akan datang kepada orang-orang yang senantiasa bersikap sabar.

3. Surat Az Zumar ayat 10

Siapa bilang bersikap sabar adalah perbuatan orang yang kalah? Dalam surat ini Allah SWT menjamin bahwa orang yang senantiasa bersikap sabar akan mendapatkan pahala yang sangat banyak dari Allah SWT.

4. Surat Asy Syuuraa ayat 43

Dalam surat ini Allah SWT menjelaskan mengenai sikap sabar dan sikap pemaaf. Karena dua sikap ini merupakan sikap yang paling diutamakan.

5. Surat Al Baqarah ayat 153

Jika kita terkena ujian, atau masalah maka sikap yang paling baik adalah bersabar serta mengerjakan sholat. Ayat Alquran tentang sabar ini menjelaskan bahwa hanya kepada Allah SWT saja kita harus meminta pertolongan serta tak lupa bersikap sabar dan mengerjakan sholat. Tahukah Anda, bahwa Allah SWT selalu berada dekat dengan hambaNya.

6. Surat Muhammad ayat 31

Dalam surat ini Allah SWT menjelaskan bahwa Allah SWT akan memberikan ujian kepada hambaNya untuk mengetahui mana hambaNya yang bersikap sabar dan selalu berjihad.

Sabar merupakan sikap menahan diri yang jika dikaitkan dengan syariat memiliki tiga jenis perkara yaitu sabar dalam menaati Allah SWT, bersikap sabar terhadap hal yang telah dilarang oleh Allah SWT serta sabar terhadap takdir Allah SWT yang terasa menyakitkan. Nah, dengan ayat Alquran tentang sabar di atas, semoga dapat menguatkan diri kita untuk selalu tawakal dan beriman pada Allah SWT.

0 Response to "Ayat Al-Qur’an Tentang Sabar Dan Ganjaran Berbuat Sabar"

Post a Comment