Nama Nabi Yang Mendapat Gelar Ulul Azmi


Nama Nabi Yang Mendapat Gelar Ulul Azmi – Nama-nama nabi sekaligus Rasul yang wajib diketahui memang berjumlah 25 orang, namun dari sekian banyak nabi dan Rasul, yang Yang Mendapat Gelar Ulul Azmi hanya berjumlah 5 orang.
Dalam ajaran Agama Islam, mempercayai adanya nabi dan Rasul adalah sebuah keharusan, sebab mempercayai nabi dan utusan Allah menjadi rukun iman yang keempat. Namun demikian, tidak semua Muslim maupun muslimah mengetahui nama-nama nabi yang telah dijelaskan secara gamblang dalam Qur’an. Nah, jika belum bisa atau belum siap menghafalkan 25 nabi sekaligus sebagai Rasul, maka tidak ada salahnya jika mengetahui nabi yang bergelar Ulul Azmi terlebih dahulu. “Ulul Azmi” adalah gelar bagi nabi sekaligus Rasul yang memiliki kesabaran serta mukjizat luar biasa. Berikut adalah 5 nabi sekaligus Rasul yang bergelar Ulul Azmi:

1. Nabi Nuh AS

Dari nama-nama nabi yang mendapat gelar Ulul Azmi, yang pertama adalah Nuh Alaihissalam. Nabi Nuh merupakan nabi sekaligus Rasul ke-3, tentunya setelah Adam dan Idris. Nabi Nuh mendapat gelar Ulul Azmi karena kesabaran beliau mencari umat memang luar biasa. Dimana Nabi Nuh dari diangkat menjadi nabi hingga usianya yang mencapai ratusan tahun, hanya mendapat 40 pengikut semata. Bukan hanya itu, beliau juga tetap sabar menyebarkan ajaran meskipun istri dan anaknya sendiri pun tidak mau menerima ajaran nabi Nuh, sehingga keluarga terdekatnya harus direlakan termakan banjir bandang.

2. Nabi Ibrahim AS

Dari sekian nama-nama nabi, Nabi Ibrahim atau yang juga disebut sebagai bapak para nabi karena keturunan Nabi Ibrahim juga bergelar Ulul Azmi. Nabi Ibrahim memiliki tekad serta memegang ajaran yang dititipkan Tuhan kepadanya begitu erat, sehingga suatu hari Nabi Ibrahim bermimpi mendapat perintah dari Tuhan untuk menyembelih anaknya sendiri. Saking kuatnya beliau dalam memegang ajaran, mimpi itu benar-benar dilaksanakan, dan diundanglah Nabi Ismail, putra kesayangan yang akan disembelih. Iman Nabi Ismail pun tidak kalah kuat, sehingga beliau bersedia untuk disembelih ayahnya demi menyempurnakan perintah. Namun sungguh ajaib, ketika golok siap meniris leher, tiba-tiba di posisi Nabi Ismail berganti domba, sehingga selamatlah Nabi Ismail. Hingga sekarang, hari itu selalu dikenang dengan sebutan Idul Adha.

3. Nabi Musa AS

Nabi Musa menempati urutan ketiga dari nama-nama nabi yang mendapat gelar Ulul Azmi. Nabi Musa adalah nabi dari keturunan Bani Israil yang hidup pada masa Firaun, Raja Mesir yang teramat kejam. Dialah satu-satunya orang yang berani menentang Firaun, ayah angkatnya sendiri. Karena Nabi Musa merasa Firaun bukanlah Tuhan, melainkan manusia biasa sama sepertinya. Selain itu, Nabi Musa juga tidak sepaham dengan Firaun yang selalu membantai orang-orang Yahudi, suku dimana nabi Musa Berasal. Maka membelotlah Nabi Musa dari ayah angkatnya, dan justru menjadi musuh dari sang ayah angkat sendiri. Beliau lebih memilih membantu Bani Israil dari kekejian Firaun, yang akhirnya beliau berhasil menumbangkan Firaun di tengah lautan.

4. Nabi Isa AS

Nabi selanjutnya yang mendapat gelar Ulul Azmi adalah Nabi Isa Alaihissalam. Nabi Isa adalah nabi sekaligus Rasul yang ke-24 dari nama-nama nabi. Beliau adalah Putra Mariyam, seorang Nabi sekaligus Rasul yang lahir tanpa adanya bapak. Tanpa adanya bapak yang dimaksud disini bukanlah sosok yang menjadi bapaknya lari dari tanggung jawab, melainkan Bunda Mariam benar-benar seorang wanita suci yang waktu kehamilannya, beliau dalam keadaan belum bersuami serta tidak pernah memadu kasih dengan seorang lelaki pun. Jadi, kelahiran Nabi Isa adalah kelahiran seorang bayi yang benar-benar tanpa memiliki seorang ayah, yang beliau miliki hanyalah Ibu seorang.

5. Nabi Muhammad SAW

Dari 25 nama-nama nabi sekaligus Rasul, Nabi Muhammad SAW adalah nabi pungkas yang juga mendapat gelar Ulul Azmi. Bagi orang-orang yang beragama Islam, kebesaran nama Nabi Muhammad SAW sudah tidak asing lagi. Beliaulah Nabi terakhir. Nabi yang selalu gigih menyebarkan ajaran-ajaran yang telah diterimanya dari Tuhan yang konon melalui perantara Malaikat Jibril. Penderitaan Nabi Muhammad bukanlah semenjak kecil semata, dimana waktu masih dalam kandungan, ayahnya sudah meninggalkan dunia. Begitu juga dengan ibunya, yang telah meninggalkannya di usia Muhammad yang masih belia. Sejak diangkat menjadi Nabi pada usia 25 tahun, banyak pembesar yang memusuhinya karena ajaran beliau. Bahkan diantara mereka adalah kerabat Nabi Muhammad sendiri.

Itulah beberapa 5 Nama-nama Nabi yang mendapat gelar Ulul Azmi. Diantara 25 nama nabi dan Rasul yang wajib diketahui oleh setiap Muslim maupun muslimat, hanya ada 5 Nabi sekaligus Rasul yang bergelar Ulul Azmi.

0 Response to "Nama Nabi Yang Mendapat Gelar Ulul Azmi"

Post a Comment