Inilah Batas Waktu Sholat Subuh yang Benar


Waktu sholat subuh yaitu dari terbitnya fajar hingga sebelum terbit matahari. Ketika matahari terbit maka saat itulah batas waktu pelaksanaan sholat subuh berhenti.

Waktu sholat subuh menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui bagi setiap umat Muslim. Dalam mengerjakan ibadah, terutama sholat waktu adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Setiap sholat, baik itu sholat fardhu ataupun sholat sunnah memiliki waktunya masing-masing. Oleh sebab itu tidak diperbolehkan mengerjakan sholat secara asal, harus sesuai dengan waktu yang ditentukan. Diharamkan bagi mereka yang mengerjakan sholat melebihi batas waktu pengerjaannya. Begitu juga dalam pengerjaan atau pelaksanaan sholat subuh, harus dilakukan pada waktu yang sudah ditentukan.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai waktu sholat subuh, ketahui terlebih dahulu fakta mengenai sholat subuh. Seperti yang Anda ketahui, sholat subuh merupakan salah satu sholat wajib atau sholat fardhu. Yang artinya jika ditinggalkan maka berdosa bagi orang tersebut, karena sholat subuh hukumnya adalah wajib. Dalam sebuah firman Allah disebutkan bahwa sholat merupakan sebuah kewajiban bagi setiap Muslim serta telah ditentukan waktu-waktunya. Sholat subuh sendiri juga dikenal dengan sholat fajar, pasalnya waktu pelaksanaannya adalah setelah terbitnya fajar. Rasulullah sangat menganjurkan pada umatnya agar mengerjakan sholat di awal waktu.

Begitu pula dalam mengerjakan sholat subuh, sebaiknya dikerjakan di awal waktu. Untuk itu usahakan agar Anda bangun setelah adzan sholat subuh berkumandang. Untuk waktu sholat subuh sendiri yang benar yaitu dari terbitnya fajar hingga sebelum terbitnya matahari. Jika matahari sudah terbit maka saat itu sudah tidak diperbolehkan lagi mengerjakan sholat subuh. Pasalnya, dalam sebuah hadits disebutkan bahwa matahari terbit d antara 2 tanduk syaiton. Dengan kata lain, batas waktu pengerjaan sholat subuh dapat ditandai dari terbitnya matahari.

Usahakan untuk mengerjakan sholat subuh sebelum matahari terbit, namun disarankan mengerjakannya di awal waktu. Akan jauh lebih baik lagi jika adzan berkumandang lalu Anda bergegas bangun dari tempat tidur. Setelah itu kenakan pakaian untuk sholat, mengambil air wudhu dan menuju masjid. Sholat subuh memang sangat dianjurkan agar dikerjakan secara berjamaah di masjid, pahalanya luar biasa. Siapa saja yang senantiasa mengerjakan amalan tersebut maka mereka adalah orang-orang yang beriman dan jujur. Bukan berarti tidak diperbolehkan mengerjakan sholat subuh di rumah atau di tempat lain selain di masjid.

Untuk kaum laki-laki, sangat ditekankan agar mengerjakan sholat subuh di masjid. Tidak hanya sholat subuh, sholat fardhu lainnya sebaiknya juga dilaksanakan di masjid bagi kaum laki-laki. Itulah waktu pengerjaan sholat subuh yang benar sesuai dengan perintah agama. Lalu, bagaimana bagi orang-orang yang bangunnya telat atau kesiangan? Misal, batas waktu sholat subuh berakhir pada pukul 05.30 WIB. Akan tetapi orang tersebut bangun kesiangan, pukul 06.00 WIB barulah bangun. Maka diperbolehkan baginya untuk mengerjakan sholat subuh segera setelah ia bangun.

Tentunya dengan syarat, ia benar-benar ketiduran dan tidak sadar baginya telah melewatkan waktu sholat subuh. Namun jika diantara waktu pengerjaan sholat subuh orang tersebut sebenarnya sudah terjaga, maka diharamkan baginya. Pasalnya, beberapa orang terkadang ketiduran karena kesibukan sehari-hari akibat pekerjaan yang menumpuk. Ada pula orang-orang yang malas bangun, padahal sudah tahu itu adalah waktu mengerjakan sholat subuh. Jika tidak disengaja maka diperbolehkan baginya mengerjakan sholat subuh walaupun bangun kesiangan. Begitu juga sebaliknya, jika disengaja maka orang yang mengerjakan sholat subuh melewati batas waktunya malah mendapatkan dosa.

Dalam mengerjakan ibadah memang sebaiknya dilakukan secara tepat dan juga ikhlas. Dengan begitu pengerjaan ibadah apapun itu akan terasa ringan dan mudah untuk dikerjakan. Bagi orang-orang yang munafik, mengerjakan sholat subuh tepat waktu atau bahkan berjamaah tentu sangat sulit untuk dilakukan. Namun bagi mereka yang mukmin, beriman dan jujur maka mengerjakan sholat subuh di awal waktu dan bahkan berjamaah di masjid merupakan hal yang mudah dilakukan. Orang-orang yang mukmin tersebut akan menjadi orang yang beruntung dan mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

Walaupun diperbolehkan mengerjakan sholat subuh setelah batas waktunya terlewati, bukan berarti Anda dapat melakukannya setiap hari. Setelah selesai sholat subuh, panjatkanlah doa kepada Allah SWT agar diberi rahmat-Nya. Mintalah agar Anda dibimbing menjadi hamba yang patuh dan taat kepada perintah-Nya dan tidak lagi mengerjakan sholat subuh melebihi batas waktu. Mintalah pula agar Anda tidak menjadi umat-Nya yang lalai. Usahakan untuk bangun tepat waktu agar dapat mengerjakan sholat subuh tepat pada waktunya. Demikian ulasan mengenai waktu sholat subuh yang benar sesuai perintah agama.

0 Response to "Inilah Batas Waktu Sholat Subuh yang Benar "

Post a Comment