7 Keutamaan Sholat Subuh Penting diketahui


Keutamaan sholat subuh ada banyak, sholat subuh sendiri merupakan sholat mengawali hari. Sholat subuh dikerjakan setelah terbitnya fajar hingga terbitnya matahari.

7 Keutamaan Sholat Subuh yang Penting untuk Anda Ketahui Sudah tahukah Anda apa saja keutamaan sholat subuh? Bagi Anda yang belum tahu, simak uraian berikut ini. Sholat subuh adalah salah satu sholat wajib atau sholat fardhu yang berdosa jika ditinggalkan. Sholat subuh dikerjakan setelah terbitnya fajar hingga terbitnya matahari, jumlah rakaatnya yaitu 2 rakaat. Diantara sholat-sholat fardhu lainnya, sholat subuh memiliki keutamaan tersendiri. Sholat subuh dapat dikatakan sebagai sholat wajib yang mengawali hari, dikerjakan paling awal dari sholat wajib lainnya. Sholat ini merupakan sholat penting yang harus dijaga secara benar bagaimana pelaksanaannya. Allah Ta’ala berfirman :

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Artinya : “Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Shubuh. Sesungguhnya shalat Shubuh tu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra’: 78)

Bagaimana tidak, waktu pelaksanaan sholat subuh adalah ketika orang-orang kebanyakan sedang terlelap. Namun karena kewajiban bagi setiap Muslim, wajib hukumnya untuk bangun dan mengerjakan sholat subuh. Pada kenyataannya, tidak sedikit orang yang meninggalkan sholat subuh dan memilih tidur. Sebenarnya sholat subuh memiliki beberapa keutamaan, diantaranya yaitu:

1. Dilapangkannya rezeki

Pernahkah Anda mendengar bahwa orang yang rajin bangun tidur pagi-pagi maka akan mendapatkan rezeki yang berlimpah. Hal ini juga sesuai dengan salah satu keutamaan sholat subuh, bagi mereka yang senantiasa mengerjakannya maka akan dilapangkannya rezeki. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Allah membagikan rezeki kepada umatnya adalah antara sholat subuh hingga terbitnya matahari.

2. Seperti sholat semalam penuh

Disebutkan bahwa mengerjakan sholat isya secara berjamaah sama seperti sholat malam separuh malam. Sementara jika mengerjakan sholat subuh berjamaah maka seperti mengerjakan sholat malam semalam penuh. Bayangkan saja berapa besar pahala yang diperoleh bagi mereka yang senantiasa mengerjakan sholat subuh secara berjamaah. Mereka yang meninggalkan selimut mereka lalu mengerjakan sholat berjamaah di masjid adalah orang yang saleh. Mereka bukanlah orang munafik seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadits bahwa mereka, orang yang munafik adalah mereka yang meninggalkan sholat isya dan sholat subuh. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ

“Barangsiapa yang shalat isya secara berjama’ah maka seolah-olah ia telah sholat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang sholat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah sholat seluruh malamnya.” (HR. Muslim no. 656)

3. Sebagai tolok ukur iman

Keutamaan sholat subuh berikutnya yaitu sebagai tolok ukur keimanan bagi umat Muslim. Setiap orang tentu memiliki kadar keimanan yang berbeda-beda, tergantung individu tersebut. Seperti yang sudah disebutkan bahwa orang yang meninggalkan sholat subuh dan sholat isya adalah orang yang munafik. Maka mereka yang senantiasa mengerjakan sholat isya dan sholat subuh secara berjamaah adalah orang yang jujur. Dalam sebuah hadits disebutkan, mereka yang jujur dan beriman akan mendatangi masjid untuk mendirikan sholat isya dan sholat subuh secara berjamaah walaupun harus merangkak.

4. Penyelamat dari siksa neraka

Siapa orang yang mau tinggal atau hanya sekedar masuk ke neraka, tempat yang penuh dengan penyiksaan. Bagi Anda yang juga tidak ingin disiksa di dalam neraka maka perbanyaklah mengerjakan sholat subuh secara berjamaah. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW disebutkan bahwa mereka yang menjaga sholat subuh dan sholat Ashar maka tidak akan diizinkan masuk neraka. Berikut Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَنْ يَلِجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا

“Tidaklah akan masuk neraka seseorang yang melaksanakan sholat sebelum terbitnya matahari (yaitu sholat shubuh) dan sholat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu sholat ashar).” (HR. Muslim no. 634)

5. Dibukakan jalan masuk ke surga

Tidak hanya diselamatkan dari siksa neraka, orang-orang yang senantiasa mengerjakan sholat subuh secara berjamaah juga dijanjikan untuk masuk surga. Dalam sebuah hadits Nabi disebutkan bahwa siapa saja yang mengerjakannya maka dia akan masuk surga. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّة

“Barangsiapa yang mengerjakan sholat bardain (yaitu sholat shubuh dan sholat ashar) maka ia akan masuk surga.” (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635)

6. Memiliki wajah yang bercahaya

Keutamaan sholat subuh berikutnya yaitu memiliki wajah yang bercahaya. Bagi siapa saja yang senantiasa mengerjakan sholat subuh secara berjamaah dan tidak meninggalkannya maka akan memiliki wajah yang bercahaya. Orang-orang tersebut adalah orang-orang yang saleh dan dimuliakan oleh Allah SWT.

7. Disaksikan malaikat

Sesungguhnya sholat subuh adalah sholat yang disaksikan oleh para malaikat. Hal ini disebutkan dalam sebuah firman Allah dan dipertegas pula dengan sebuah hadits. Sholat yang terberat bagi orang-orang munafik adalah sholat subuh dan sholat isya. Sementara pahala kedua ibadah tersebut sangat luar biasa, oleh sebab itu godaan syaiton juga semakin besar. Dalam sebuah hadits juga disebutkan bahwa mereka yang senantiasa mengerjakan sholat subuh adalah orang-orang yang berada dalam lindungan Allah SWT. Berikut Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَتَجْتَمِعُ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ وَمَلَائِكَةُ النَّهَارِ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ

Artinya : “Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada sholat fajar (subuh).” (HR. Bukhari no. 137 dan Muslim no.632)

Itulah keutamaan-keutamaan bagi mereka yang mengerjakan sholat subuh dan tidak meninggalkannya. Sholat subuh sangat dianjurkan untuk dikerjakan secara berjamaah di masjid, pahalanya sangat besar. Dalam sebuah hadits juga disebutkan bahwa mengerjakan 2 rakaat sholat subuh beserta 2 rakaat sholat sunah sebelum sholat subuh lebih baik daripada dunia dan seisinya. Bagi Anda yang ingin mendapatkan keutamaan sholat subuh tersebut, jangan pernah meninggalkan sholat subuh dan usahakan untuk mengerjakannya secara berjamaah di masjid.

0 Response to "7 Keutamaan Sholat Subuh Penting diketahui"

Post a Comment