10 Sahabat Nabi Muhammad yang Dijamin Masuk Surga


Berikut ini akan dibagikan informasi mengenai 10 Sahabat Nabi Muhammad yang Dijamin Masuk Surga. Anda tentunya sudah pernah atau bahkan sering mendengar mengenai sahabat Nabi Muhammad. Para sahabat tersebut merupakan orang-orang yang memiliki keistimewaan tersebut. Terlebih lagi bagi beberapa sahabat, mereka dijanjikan masuk surga oleh Allah SWT. Dalam sebuah firman-Nya, Allah menjamin surga kepada orang-orang yang masuk Islam pertama. Orang-orang tersebut adalah orang-orang di antara kaum Muhajirin dan kaum Anshar. Tidak hanya Rasulullah SAW, mereka yang masuk Islam pertama juga diridhoi untuk masuk surga dan kekal di dalamnya.

Lalu siapa saja nama-nama dari sahabat Nabi Muhammad SAW yang dijamin masuk surga tersebut? Ini dia orang-orang yang dimaksud:

1. Abu Bakar Ash-Shiddiq


Abu Bakar termasuk salah satu orang pertama yang memeluk Islam. Ketika Nabi Muhammad SAW sudah berpulang ke Rahmatullah, Abu Bakar menjadi khalifah Islam. Yaitu pada tahun 632 sampai pada tahun 634 Masehi. Ia lahir dengan nama Abdullah bin Abi Quhafah, nama lengkapnya yaitu ‘Abd Allah bin ‘Utsman bin Amir bin Amru bin Ka’ab bin Taim bin Murrah bin Ka’ab. Abu Bakar sendiri merupakan ayah dari Aisyah, istri dari Nabi Muhammad SAW. Abu Bakar membenarkan perjalanan Isra’ Mi’raj yang dilakukan Rasulullah, sejak saat itu ia dipanggil Abu Bakar ash-Shiddiq.

2. Umar bin Khattab

Umar bin Khattab termasuk salah satu nama nama sahabat Nabi Muhammad yang dijamin masuk surga. Umar merupakan khalifah yang kedua dalam Islam yaitu mulai tahun 634 sampai 644 Masehi. Sama seperti Abu Bakar, Umar juga diberi julukan sebagai Khulafar Rasyidin atau khalifah yang diberi petunjuk. Umar lahir dari rahim wanita yang bernama Hantamah binti Hasyim, ia lahir di kota Mekah. Ketika Abu Bakar menjabat sebagai khalifah, saat itu Umar menjabat sebagai penasihat kepala. Hingga kemudian Abu Bakar wafat, Umar akhirnya menggantikan Abu Bakar sebagai khalifah.

3. Utsman bin Affan

Utsman adalah salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang juga dijamin masuk surga. Utsman sendiri merupakan seorang saudagar yang kaya dan ia juga sangat dermawan. Utsman merupakan khalifah ketiga setelah Umar bin Khattab. Ia memerintah mulai tahun 644 sampai tahun 656 Masehi. Utsman sendiri dikenal sebagai sosok yang pemalu, ia juga disebut sebagai Khulafaur Rasyidin. Utsman juga memiliki keistimewaan lain yaitu menikah dengan 2 putri Nabi Muhammad, kemudian ia mendapat julukan Dzunnurain. Artinya adalah pemilik 2 cahaya, Utsman memang menikahi Ruqayyah dan Ummu Kaltsum, putri Rasulullah.

4. ‘Ali bin Abi Thalib

‘Ali adalah salah satu orang pertama yang memeluk agama Islam, ia juga merupakan keluarga dari Rasulullah. Ia dikenal sebagai khalifah yang terakhir yaitu Khulafaur Rasyidin atau khalifah yang diberi petunjuk. Ali merupakan sepupu Rasulullah, hingga kemudian ia menikahi Fatimah az-Zahra dan kemudian ia menjadi menantu Rasulullah.

5. Thalhah bin Ubaidillah

Thalhah merupakan salah satu sahabat nabi yang berasal dari Quraisy, ia termasuk salah satu konsultan Rasulullah. Namanya termasuk salah satu nama nama sahabat Nabi Muhammad yang dijanjikan masuk surga. Thalhah sendiri turut bergabung dalam Perang Uhud yang membuatnya menderita luka yang sangat parah. Kemudian Thalhah meninggal dunia setelah terkena panah pada Perang Jamal.

6. Az-Zubair bin Al-‘Awwam

Az-Zubair merupakan putra dari bibi Rasulullah, ia termasuk as-Sabiqun al-Awwalun atau sahabat nabi yang dijamin masuk surga. Ia merupakan orang pertama yang menghunus pedang di Perang fi Sabilillah.

7. Sa’ad bin Abi Waqqas

Sa’ad juga termasuk salah seorang sahabat nabi yang pertama masuk Islam. Sa’ad sendiri turut berjuang dalam membela agama Islam, ia merupakan pemimpin pasukan Islam ketika melawan tentara Persia di Qadissyah. Perang tersebut merupakan salah satu perang yang paling besar bagi umat Islam.

8. Sa’id bin Zaid
Sa’id dijuluki sebagai Abu al-Aawar, ia merupakan sepupu Umar bin Khattab. Sa’id masuk Islam di awal kedatangan ajaran Islam di Mekah.

9. Abdurrahman bin Auf
Abdurrahman merupakan sahabat Nabi Muhammad SAW yang sangat terkenal. Ia termasuk salah satu dari 8 orang pertama yang menerima agama Islam. Ia termasuk salah satu sahabat nabi yang dijanjikan masuk surga.

10. Abu Ubaidah bin al-Jarrah

Satu lagi sahabat nabi yang dijanjikan masuk surga, Abu Ubaidah bin al-Jarrah. Abu Ubaidah merupakan Muhajirin yaitu dari kaum Quraisy Mekah, termasuk orang pertama memeluk Islam. Abu Ubaidah turut serta berhijrah ke Madinah dan mengikuti peperangan dalam membela Islam. Ketika Abu Bakar dipilih sebagai khalifah, Abu Ubaidah dipilih sebagai panglima perang dalam memimpin pasukan Muslim ketika berperang melawan kekaisaran Romawi.

Sebenarnya ada banyak nama-nama sahabat nabi yang memiliki andil besar dalam membela agama. Namun 10 orang yang disebutkan tersebut merupakan 10 orang pertama yang masuk Islam. Orang-orang tersebut dijanjikan Allah agar menjadi penduduk surga yang kekal. Itulah yang dapat disampaikan mengenai nama nama sahabat Nabi Muhammad.

0 Response to "10 Sahabat Nabi Muhammad yang Dijamin Masuk Surga"

Post a Comment